Versi Software yang Ada

Versi alpha.

Tahapan ujicoba yang dibuat pada tahap pertama dalam pembangunan perangkat lunak komputer sebelum dikeluarkan secara komersial. Ia biasanya diedarkan secara percuma kepada pengguna untuk mendapatkan komentar dan informasi mengenai hasil produksi ini, terutama dalam hal cacat produk, kelemahan yang ada. Dalam dunia pembuatan software, alpha adalah tahap pertama kali pembuatan sebuah software. Software yang berstatus alpha masih dalam tahap pembuatan dan biasanya masih banyak fungsi-fungsi yang belum lengkap, serta belum layak digunakan oleh pengguna biasa.

Versi Beta.

Versi perbaikan dari alpha, tetapi masih banyak bug (kesalahan dalam pemprograman) ,  biasanya didistribusikan untuk mendapatkan feedback agar dapat diketahui kesalahan (bug)nya dan dapat diperbaiki lagi. Test hasil produk pada tahap kedua dalam pembangunan perangkat lunak komputer sebelum dikeluarkan secara komersial. Pada versi ini, produk tersebut diedarkan secara percuma (seperti versi alpha) kepada pengguna untuk mendapatkan komentar dan informasi mengenai kelemahan perangkat lunak serta masukan lain yang diperlukan untuk produk tersebut.

RC (rilis candidate)

Merupakan program yang hampir jadi dan biasanya merupakan cerminan dari program jadinya, di dini terdapat perbaikan tetapi hanya bersifat minor.

Versi final

Merupakan versi yang sudah bisa dipakai oleh orang banyak, kalaupun ada bug, biasanya hanya bersifat minor.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s