komunikasi data….

Universal Serial Bus (USB)

adalah standar bus serial untuk perangkat penghubung, biasanya kepada komputer namun juga digunakan di peralatan lainnya seperti konsol permainan, ponsel dan PDA. Sistem USB mempunyai desain yang asimetris, yang terdiri dari pengontrol host dan beberapa peralatan terhubung yang berbentuk pohon dengan menggunakan peralatan hub yang khusus.

Desain USB ditujukan untuk menghilangkan perlunya penambahan expansion card ke ISA komputer atau bus PCI, dan memperbaiki kemampuan plug-and-play (pasang-dan-mainkan) dengan memperbolehkan peralatan-peralatan ditukar atau ditambah ke sistem tanpa perlu mereboot komputer. Ketika USB dipasang, ia langsung dikenal sistem komputer dan memroses device driver yang diperlukan untuk menjalankannya.

USB dapat menghubungkan peralatan tambahan komputer seperti mouse, keyboard, pemindai gambar, kamera digital, printer, hard disk, dan komponen networking. USB kini telah menjadi standar bagi peralatan multimedia seperti pemindai gambar dan kamera digital.

Versi terbaru (hingga Januari 2005) USB adalah versi 2.0. Perbedaan paling mencolok antara versi baru dan lama adalah kecepatan transfer yang jauh meningkat. Kecepatan transfer data USB dibagi menjadi tiga, antara lain:

  • High speed data dengan frekuensi clock 480.00Mb/s dan tolerasi pensinyalan data pada ± 500ppm.
  • Full speed data dengan frekuensi clock 12.000Mb/s dan tolerasi pensinyalan data pada ±0.25% atau 2,500ppm.
  • Low speed data dengan frekuensi clock 1.50Mb/s dan tolerasi pensinyalan data pada ±1.5% atau 15,000ppm.

Bluetooth

adalah spesifikasi industri untuk jaringan kawasan pribadi (personal area networks atau PAN) tanpa kabel. Bluetooth menghubungkan dan dapat dipakai untuk melakukan tukar-menukar informasi di antara peralatan-peralatan. Spesifiksi dari peralatan Bluetooth ini dikembangkan dan didistribusikan oleh kelompok Bluetooth Special Interest Group. Bluetooth beroperasi dalam pita frekuensi 2,4 Ghz dengan menggunakan sebuah frequency hopping traceiver yang mampu menyediakan layanan komunikasi data dan suara secara real time antara host-host bluetooth dengan jarak terbatas.Kelemahan teknologi ini adalah jangkauannya yang pendek dan kemampuan transfer data yang rendah.

Component Object Model (COM)

adalah biner-standar untuk perangkat lunak antarmuka componentry diperkenalkan oleh Microsoft pada tahun 1993. Hal ini digunakan untuk mengaktifkan komunikasi interprocess dan pembuatan obyek dinamis dalam berbagai macam bahasa pemrograman. COM Istilah ini sering digunakan dalam industri pengembangan perangkat lunak sebagai payung istilah yang meliputi OLE, OLE Automation, ActiveX, COM + dan DCOM teknologi.

Inti dari COM adalah bahasa-cara netral mengimplementasikan objek yang dapat digunakan dalam lingkungan yang berbeda dari yang mereka diciptakan dalam, bahkan melintasi batas-batas mesin. Untuk menulis dengan baik komponen, COM memungkinkan penggunaan kembali benda-benda yang tidak memiliki pengetahuan tentang pelaksanaan internal mereka, karena komponen kekuatan pelaksana untuk menyediakan antarmuka yang terdefinisi dengan baik yang terpisah dari pelaksanaan. Alokasi yang berbeda semantik bahasa diakomodir dengan membuat objek bertanggung jawab atas penciptaan diri mereka sendiri dan kehancuran melalui rujukan-menghitung. Casting antara antarmuka yang berbeda dari sebuah objek dicapai melalui QueryInterface () function. Metode yang disukai warisan dalam penciptaan COM adalah sub-obyek yang didelegasikan pemanggilan metode.

Walaupun standar antarmuka telah diterapkan pada beberapa platform, COM terutama digunakan dengan Microsoft Windows. Untuk beberapa aplikasi, COM telah diganti setidaknya sampai batas tertentu oleh Microsoft. NET framework, dan dukungan untuk Web Services melalui Windows Communication Foundation (WCF). Namun, objek COM masih dapat digunakan dengan semua. NET bahasa tanpa masalah. DCOM jaringan biner menggunakan format proprietary, sedangkan WCF mendorong penggunaan berbasis XML pesan SOAP. COM ini sangat mirip dengan komponen lainnya standar antarmuka perangkat lunak, seperti CORBA dan Java Beans, meskipun masing-masing memiliki kekuatan dan kelemahan. Kemungkinan bahwa karakteristik COM membuatnya paling sesuai untuk pengembangan dan penyebaran aplikasi desktop, untuk yang awalnya dirancang.

FireWire

adalah adalah merek dagang Apple sekaligus nama yang paling populer untuk standar kabel data antar-muka berseri IEEE 1394. Sony memperkenalkan IEEE 1394 dengan nama i.Link. Meski namanya berbeda-beda, ketiganya (FireWire, IEEE 1394 dan i.Link) sama-sama menunjuk pada jenis kabel data yang mampu mengirim data dengan kecepatan sangat cepat, sampai pada rata-rata 400 megabit per detik (Mbps). FireWire diklaim sebagai saluran penghantar data yang paling cepat dan stabil diantara saluran lain seperti USB.

Inframerah (IR) radiasi

adalah radiasi elektromagnetik yang panjang gelombang lebih panjang daripada cahaya tampak (400-700 nm), tetapi lebih pendek daripada Terahertz radiasi (100 μm – 1 mm) dan gelombang mikro (~ 30.000 μm). Spans radiasi inframerah sekitar tiga lipat (750 nm sampai 100 μm).

Sinar matahari langsung memiliki kemanjuran bercahaya sekitar 93 lumen per watt dari fluks radian, yang mencakup inframerah (47% pangsa spektrum), terlihat (46%), dan ultra-violet (hanya 6%) cahaya. Sinar matahari terang memberikan pencahayaan sekitar 100.000 candela per meter persegi di permukaan bumi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s